8 Cara Cek IMEI iPhone

iPhone merupakan salah satu smartphone yang paling banyak diidam-idamkan oleh banyak orang. Smartphone kelas flagship ini digadang-gadang memiliki kualitas hardware yang sangat baik.

Mengingat besarnya pasar dari smartphone ini, maka sudah tidak mengherankan lagi jika Anda akan menemui banyak sekali HP iPhone replika atau KW yang bisa ditemui di luar sana.

Salah satu cara untuk mengetahui asli tidaknya ponsel iPhone yang Anda miliki adalah dengan cara cek IMEI iPhone tersebut.

IMEI sendiri merupakan sekumpulan nomor khusus dengan digit yang berbeda-beda pada setiap ponsel. Nomor IMEI yang terdapat pada smartphone kiranya harus terdaftar oleh pemerintah untuk menjamin keaslian smartphone tersebut.

Cara cek IMEI iPhone sebenarnya cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengikuti berbagai tutorial yang telah smartuser.id sajikan di bawah ini.

Cek IMEI iPhone Melalui Pengaturan

imei iphone

Bagi Anda pemakai iPhone 6 keatas, versi utilitas terbaru yang dimilikinya memungkinkan para pengguna untuk mengecek IMEI iPhone terdaftar atau tidak hanya melalui menu Setting.

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting pada iPhone yang Anda gunakan.
  2. Lalu pilih opsi General dan pilih lagi menu About.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa informasi lalu perhatikan pada kolom IMEI dan catat 14 digit nomor yang ada didalamnya agar lebih mudah diingat.

Menggunakan Kode Nomor Khusus

Hampir semua jenis smartphone telah dibekali dengan kode khusus yang biasanya difungsikan sebagai shortcut untuk membuka berbagai konfigurasi dan informasi tersembunyi.

Begitu juga pada ponsel iPhone, Anda bisa memanfaatkan kode nomor khusus yang dimilikinya untuk mengecek IMEI dari smartphone yang Anda gunakan.

Langkah-langkahnya :

cek imei iphone dengan kode
  1. Pertama, buka menu Calls pada home screen smartphone.
  2. Setelah itu, ketikkan kode nomor *#06# pada dial pad.
  3. Secara otomatis akan muncul nomor IMEI dari iPhone tersebut.

Lihat juga Cara Masuk Recovery Mode iPhone

Perhatikan Slot SIM Card iPhone

Selain 2 cara teknis di atas, sebenarnya Anda bisa dengan mudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone dengan memperhatikan slot SIM Card pada bagian samping ponsel.

imei iphone slot sim

Jika ponsel tersebut masih menggunakan slot SIM Card di belakang ponsel, Anda bisa membuka baterai dari ponsel tersebut dan perhatikan tulisan IMEI yang berada di dekat slot SIM Card.

Lihat Dus Box Smartphone

imei di dus iphone

Satu lagi cara paling mudah untuk mengecek IMEI iPhone yaitu dengan memperhatikan stiker yang berisikan kode IMEI pada sisi samping dus box ponsel baru Anda.

Nomor IMEI yang muncul tersebut biasanya disertai dengan kode batang yang bisa Anda cek keasliannya menggunakan aplikasi scanner pada smartphone.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini bisa Anda gunakan hanya pada iPhone yang dibeli dalam kondisi baru. Hal ini dikarenakan kebanyakan ponsel iPhone bekas biasanya memiliki dus box yang berbeda dengan kode model ponsel yang sebenarnya.

Cek Body Belakang iPhone

Jika tidak ingin ribet, Anda bisa melihat tulisan IMEI yang tercantum jelas pada body belakang iPhone. Biasanya kode ini berada di samping tulisan ID smartphone tersebut.

imei di body belakang

Namun perlu digaris bawahi, bahwa nomor IMEI di body belakang ini hanya bisa ditemui pada beberapa seri iPhone saja, seperti pada iPhone 6, 6 Plus, SE, 5s, 5c dan 5.

Cek Melalui iTunes

iTunes merupakan software yang memiliki fungsi untuk menghubungkan segala produk Apple ke PC. Namun software ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui spesifikasi dan detail lengkap dari iPhone.

Seperti pada kode IMEI, kumpulan digit nomor ini bisa dengan mudah Anda ketahui ketika ponsel sudah terhubung dengan komputer menggunakan iTunes.

Langkah-langkahnya :

  1. Download dan install terlebih dahulu software iTunes versi terbaru pada PC atau laptop Anda.
  2. Lalu sambungkan perangkat iPhone dengan PC menggunakan kabel USB.
  3. Setelah itu, silahkan buka software iTunes yang sudah terinstall.
  4. Selanjutnya pilih menu Library pada iTunes.
  5. Secara otomatis akan muncul berbagai data mengenai perangkat iPhone tersebut beserta nomor IMEI dengan jelas pada layar PC.

Gunakan Aplikasi Finder

Hampir sama dengan iTunes, Finder merupakan aplikasi pendeteksi berbagai perangkat Apple pada komputer dengan sistem operasi Mac.

Namun aplikasi ini hanya akan berjalan dengan baik pada Mac OS Cataline dengan versi 10.15 atau yang lebih baru.

Langkah-langkahnya :

  1. Hubungkan perangkat iPhone ke PC menggunakan kabel USB.
  2. Buka aplikasi Finder pada laptop atau komputer Mac Anda.
  3. Pilih menu Temukan Perangkat Anda dan klik Tab Umum.
  4. Lalu klik nomor telepon yang berada di bawah nama perangkat.
  5. Setelah itu Anda akan menemukan kode IMEI/IMEID serta ICCID dengan jelas.

Cek IMEI iPhone di Web Apple dengan Online

Apple sendiri sebenarnya telah menyediakan sebuah tools dalam web resminya untuk menemukan nomor IMEI asli dari berbagai perangkat iPhone.

Menariknya lagi, para pengguna diklaim mampu mengetahui semua nomor IMEI dari iPhone yang bahkan tidak mereka miliki.

Langkah-langkahnya :

  1. Kunjungi situs resmi web Apple di appleid.apple.com.
  2. Lalu pada kolom ID, silahkan masukkan nomor ID dari ponsel yang akan Anda ketahui nomor IMEI nya.
  3. Setelah itu, klik tombol panah untuk mulai melakukan proses pencarian.
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan seri IMEI dan IMEID dari perangkat tersebut.

Cara Cek Imei Terdaftar Atau Tidak

Berbagai cara cek IMEI iPhone di atas kiranya bisa Anda ikuti untuk mengetahui keaslian dari perangkat iPhone yang Anda gunakan.

Pastikan juga bahwa nomor IMEI tersebut telah terdaftar dengan jelas oleh pemerintah dengan cara mengeceknya di situs imei.kemenperin.go.id.

Baca juga