Cara Flash Samsung J2 Prime

Cara flash Samsung J2 Prime adalah suatu langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi berbagai permasalahan perangkat lunak yang ada pada ponsel sejuta umat ini.

Samsung J2 Prime sendiri dikenal sebagai salah satu ponsel andalan dari pabrikan Samsung yang cukup laris di pasaran.

Kesuksesan dari seri ini tidak terlepas dari kualitas hardware yang ditawarkannya, karena sedari dulu produsen smartphone asal negeri ginseng ini dikenal cukup awet dan tangguh dalam hal perangkat keras.

Perangkat yang tangguh pada J2 Prime juga didukung dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga performa HP ini dianggap lebih dari cukup dalam memenuhi berbagai kebutuhan para penggunanya.

Spesifikasi Samsung J2 Prime

Spesifikasi Samsung J2 Prime
SpesifikasiSamsung J2 Prime
Sistem OperasiAndroid 6.0 Marshmallow
ChipsetMediatek MT6737T
GPUMali T720MP2
CPUQuad Core 1.4 GHz Cortex A53
Memory Internal8 GB
RAM1,5 GB
JaringanGSM/HSPA/LTE
Layar5 Inci TFT
Kamera5 MP

Namun dibalik ketangguhan kualitas hardware yang dimiliki smartphone ini, biasanya terselip sebuah kecacatan perangkat lunak atau firmware yang menimbulkan berbagai permasalahan baru.

Namun jangan khawatir, karena kerusakan pada firmware ini bisa Anda perbaiki sendiri menggunakan metode flash.

Proses flashing sendiri diklaim mampu menyelesaikan berbagai kerusakan perangkat lunak yang sering ditemui pada sebagian besar smartphone android.

Fungsi dari Melakukan Flash Pada Smartphone

  1. Mengatasi permasalahan Bootloop pada smartphone.
  2. Memperbaiki kasus mati total (matot).
  3. Menghapus berbagai virus dan malware berbahaya pada ponsel.
  4. Membuka kembali smartphone yang lupa pola atau password.
  5. Meningkatkan performa smartphone agar lebih bertenaga.
  6. Mengatasi smartphone yang bekerja dengan lambat.
  7. Mengatasi permasalahan force close pada aplikasi.
  8. Mengatasi permasalahan hang atau mentok logo pada android.
  9. Mengupgrade dan downgrade versi firmware HP android.
  10. Menyetel ulang semua konfigurasi ke setelan awal.

Selain itu, metode flashing pada HP Samsung J2 Prime SM-G532G akan sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan custom firmware untuk mendongkrak performa dari ponsel ini.

Persiapan

Proses flashing sendiri pada prakteknya memiliki banyak metode, namun pada tutorial kali ini kami akan membagikan beberapa metode saja yang sudah banyak digunakan oleh para teknisi dalam melakukan proses flashing smartphone dengan merk Samsung.

Odin merupakan software flash yang dikhususkan untuk semua smartphone dengan merk Samsung, untuk menjalankan software ini, Anda membutuhkan sebuah perangkat komputer yang nantinya akan dihubungkan ke smartphone yang akan di flash.

Namun sebelum masuk ke tutorial utama, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menyiapkan beberapa file dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan flash via Odin.

Hal yang Harus Dipersiapkan :

Selain berbagai perlengkapan di atas, sangat disarankan bagi Anda untuk mem backup terlebih dahulu berbagai data penting dari smartphone ke penyimpanan eksternal.

Cara Flash HP Samsung J2 Prime Via Odin

Setelah itu, kini saatnya untuk mulai melakukan proses flashing pada HP Samsung J2 Prime dengan langkah sebagai berikut.

  1. Download dan ekstrak semua file yang dibutuhkan di atas.
  2. Lakukan penginstalan pada software Odin dan driver USB seperti biasanya.
  3. Setelah itu, matikan terlebih dahulu HP Samsung yang akan di flash lalu hubungkan ke PC menggunakan kabel USB yang telah dipersiapkan.
  4. Kemudian aktifkan Mode Download pada smartphone dengan menekan dan tahan kombinasi tombol Power + Home dan Volume bawah secara bersamaan.
  5. Selanjutnya, tekan tombol volume atas untuk men skip notifikasi Warning yang muncul pada layar.
  6. Langkah selanjutnya silahkan buka software Odin yang ada pada PC dan pastikan ponsel yang akan di flash telah terdeteksi dengan adanya tulisan Added pada kolom Log.
    flash samsung j2 prime
  7. Lalu masukkan file firmware yang telah di ekstrak tadi dengan memilih kolom BL dan CSC dan arahkan ke file firmware dengan awalan nama file BL atau CSC.
  8. Pada menu Options, silahkan hilangkan tanda centang opsi Re-partition lalu klik OK.
  9. Jika sudah, Anda sudah bisa mulai melakukan proses flashing dengan memilih tombol Start.
  10. Tunggu beberapa menit hingga muncul tulisan PASS yang menandakan ponsel Samsung J2 Prime Anda telah berhasil di flash.
    flash samsung j2 prime berhasil
  11. Namun bila yang muncul adalah tulisan Failed, silahkan coba lagi karena pesan tersebut menandakan proses flashing yang Anda lakukan telah gagal.

Cara Flash HP Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Tanpa PC

Jika cara sebelumnya tidak bekerja, Anda masih bisa melakukan proses flashing pada Samsung J2 Prime yang Anda miliki menggunakan cara manual dengan metode TWRP tanpa menggunakan PC.

Dibandingkan cara sebelumnya, metode flash dengan cara ini lebih simple dan mudah untuk dilakukan. Namun sebelumnya pastikan Anda telah menyiapkan terlebih dahulu stock ROM firmware original dari Samsung J2 Prime ini.

Alat dan File yang Dibutuhkan :

  • HP Samsung J2 Prime dengan kapasitas baterai minimal sebesar 60 %.
  • File Stock Rom Deodex Galaxy J2 Prime.

Langkah-langkahnya :

  1. Aktifkan terlebih dahulu mode TWRP dengan menekan dan tahan kombinasi tombol Power + tombol Home + Volume Atas dan Bawah secara bersamaan.
  2. Pilih menu Recovery Mode > Wipe Data > Wipe Cache > Wipe Dalvik.
  3. Setelah itu, arahkan ke file Rom yang telah di download tadi.
  4. Lalu pilih menu Flash Stockrom Deodex dan pilih Reboot.
  5. Maka secara otomatis proses flashing Samsung J2 Prime akan mulai berjalan dan tunggu hingga selesai.

Kedua cara flash Samsung J2 Prime di atas kiranya dapat Anda coba untuk mulai melakukan perbaikan pada sektor perangkat lunak dan meningkatkan performa multitasking pada smartphone yang dirilis pada tahun 2016 lalu ini.

Lihat juga :