Cara Reset HP Samsung

Cara reset HP Samsung merupakan suatu metode untuk mengembalikan berbagai konfigurasi data pada smartphone Samsung ke setelan awal.

Samsung sendiri sedari dulu sudah dikenal sebagai salah satu  produsen smartphone yang memiliki kualitas produk yang sangat baik.

 Hal ini bisa Anda perhatikan dari ketahanan hardware yang dimiliki oleh brand asal Korea ini.

Namun dibalik ketangguhan perangkat kerasnya, seperti pada smartphone jenis lain.

HP Samsung juga bisa dengan mudah mengalami berbagai permasalahan perangkat lunak yang cukup mengganggu para penggunanya.

Oleh karena itu, metode reset pada HP Samsung bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan sistem operasi pada smartphone ini.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu permasalahan seperti apa yang mengharuskan para penggunanya untuk melakukan reset pada sistem HP Samsung.

Jenis Error yang Bisa Diatasi Dengan Metode Reset

cara reset hp samsung
  1. Menu sering error
  2. Aplikasi Not Responding dan sering keluar sendiri
  3. Sistem berjalan lambat atau lemot
  4. Jaringan sering error dan tidak ada sinyal
  5. Jaringan seluler sering putus nyambung
  6. Susah menangkap jaringan Wifi
  7. Bar persentase baterai sudah tidak sesuai
  8. Lupa pola dan sandi smartphone

Jika Anda menemui berbagai indikasi diatas, langkah reset ulang sistem  merupakan hal wajib untuk dilakukan sebelum benar-benar melakukan proses flash pada smartphone.

Namun sebelum melakukan reset ulang sistem, sangat disarankan bagi Anda untuk mem backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone ke penyimpanan lain.

Hal ini dikarenakan pada proses reset, semua data yang ada pada ponsel akan terhapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Oleh karenanya, dengan membackup data maka Anda sudah bisa melakukan reset HP Samsung tanpa menghapus data.

Berbagai Cara Reset HP Samsung

Cara reset HP Samsung sebenarnya cukup mudah, terlebih lagi berbagai metode reset yang kami sediakan di bawah ini bisa mengatasi berbagai permasalahan pada HP Samsung.

Seperti pada tipe A10, J2 Prime, A20, Duos, J5, J1, J7 Prime, J1 Ace, J2 Pro dan lain sebagainya. Simak panduan yang sudah tim smartuser.id buat dibawah ini :

Melalui Recovery System

Recovery sistem merupakan salah satu metode hard reset yang bisa Anda gunakan untuk menginstall ulang sistem operasi pada smartphone.

Terlebih lagi jika smartphone tersebut sudah blank hitam dan tidak bisa lagi membuka menu.

Proses recovery sistem juga dapat kamu manfaatkan untuk memformat smartphone Samsung yang sudah mengalami kerusakan pada booting seperti kondisi mati total.

Cara melakukan reset dengan metode ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti step by step tutorial yang kami sajikan di bawah ini.

samsung recovery mode
  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa baterai ponsel Anda memiliki kapasitas minimal 60 %.
  2. Pada saat smartphone dalam kondisi mati, Anda bisa menekan dan tahan kombinasi tombol Volume atas + Home + Power secara bersamaan.
  3. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke menu Recovery, arahkan kursor ke bawah menggunakan tombol volume dan pilih opsi Wipe data atau Factory Reset dan tekan tombol Home untuk memilihnya.
  4. Selanjutnya, pilih menu Reboot System Now dan tunggu beberapa menit hingga smartphone telah benar-benar berhasil untuk di reset.

Menggunakan Kode USSD

Hampir semua jenis smartphone memiliki dial pad dan kode nomor tersendiri untuk membuka berbagai akses tersembunyi yang jarang diketahui.

Begitu juga pada smartphone Samsung, Anda bisa dengan mudah melakukan akses reset sistem dengan mudah tanpa bantuan PC atau laptop.

Berikut cara reset HP Samsung semua tipe menggunakan kode nomor khusus dengan mudah.

  1. Buka menu Telepon pada smartphone Samsung Anda.
  2. Ketikkan kode nomor *2767*3855#.
  3. Secara otomatis akan muncul beberapa pilihan untuk melakukan akses pada sistem operasi.
  4. Pilih menu Factory Reset dan tunggu beberapa menit hingga proses reset telah berhasil dilakukan.

Melalui Pengaturan

Jika Anda masih kesulitan dengan 2 cara sebelumnya, Anda masih bisa melakukan reset pada HP Samsung menggunakan menu pengaturan bawaan pabrik.

Namun, sebelum masuk ke tutorial kali ini, pastikan terlebih dahulu bahwa baterai ponsel yang Anda gunakan minimal sebesar 75 %.

Berikut langkah-langkahnya.

reset lewat pengaturan
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Lalu pilih menu Backup And Reset untuk mencadangkan terlebih dahulu berbagai data penting yang ada pada smartphone.
  3. Selanjutnya, pilih opsi Factory Reset.
  4. Setelah itu, pilih menu Reset Device maka secara otomatis ponsel akan mulai melakukan proses reset dengan waktu beberapa menit.
  5. Setelah proses reset selesai, biasanya smartphone akan melakukan proses booting untuk memuat sistem baru.

Tips Reset HP Samsung Tanpa Menghapus Data

Bagi Anda yang sudah memutuskan akan melakukan reset pada HP Samsung.

Alangkah baiknya untuk melakukan beberapa langkah awal sebelum melakukan proses penyetelan ulang sistem operasi pada smartphone ini.

Hal ini biasanya bertujuan untuk menghindari kejadian kehilangan data dan informasi penting dari ponsel yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, backup merupakan langkah tepat untuk mengamankan berbagai data yang Anda miliki.

Lihat juga 5 Cara Cek IMEI Samsung

Lantas metode backup apa saja yang harus Anda lakukan? berikut ulasan lengkapnya.

Backup Chat

Sebelum melakukan reset pada smartphone, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah mencadangkan kumpulan riwayat chat dari berbagai aplikasi.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kehilangan berbagai informasi penting dan berharga.

Seperti pada aplikasi Whatsapp, Anda bisa mencadangkan berbagai riwayat chat tersebut ke penyimpanan Google Drive yang sewaktu-waktu bisa didownload dan disimpan kembali ke akun WA baru.

Mencadangkan Pesan SMS dan Kontak

Untuk mencadangkan pesan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tambahan bernama App Backup.

Aplikasi ini bekerja dengan cara memindahkan kumpulan pesan SMS dan kontak telepon ke SD Card yang bisa di dilepas dengan mudah.

Sedangkan pada nomor kontak, Anda juga bisa membackup data yang ada didalamnya ke dalam penyimpanan SIM Card.

Hal ini dikarenakan data-data yang ada di dalam SIM Card tidak akan terhapus ketika smartphone sedang di reset atau install ulang.

Lepas SD Card Sebelum Mereset Ponsel

Secara teori, data yang ada di dalam SD Card umumnya cukup aman saat melakukan reset pada sistem operasi.

Namun pada kasus Factory Reset biasanya terdapat opsi untuk menghapus semua data yang ada dalam ponsel termasuk dari penyimpanan eksternal.

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda untuk melepas terlebih dahulu SD Card dari slotnya sebelum melakukan reset penuh pada ponsel.

Manfaatkan Penyimpanan Lain

Agar lebih praktis, Anda bisa memindahkan semua data yang ada pada smartphone ke penyimpanan eksternal seperti SD Card atau harddisk pada PC.

Kapasitas yang besar pada harddisk dirasa lebih dari cukup untuk menampung semua data dari smartphone yang Anda gunakan.

Hal ini tentunya akan memudahkan Anda ketika ingin membuka kembali data-data yang telah dibackup dengan mudah.

Berbagai cara reset HP Samsung diatas kiranya dapat Anda jadikan referensi dan panduan dalam memperbaiki berbagai permasalahan perangkat lunak tanpa melakukan root dan flash dengan aman.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda telah mencadangkan terlebih dahulu berbagai data penting ke penyimpanan eksternal atau melalui penyimpanan cloud Google Drive yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Lihat juga